Breaking News

Program Kerja Daur Ulang Sampah

Gambar 1:

            Daur ulang sampah merupakan kegiatan yang dilakukan dalam menggolah barang bekas menjadi suatu barang yang memiliki nilai jual. Dalam hal ini mahasiswa KKN memanfaatkan barang bekas seperti botol minuman bekas yang sudah tidak dipakai untuk dijadikan sebagai celengan dan juga dijadikan sebagai pot bunga gantung dan lain sebagainya.  Kardus Aqua yang dijadikan sebagai lampu hias. Dalam kegiatan ini mahasiswa KKN melaksanakannya sebanyak dua kali, yang pertama dengan mengajak ibu-ibu PKK dan yang kedua pada siswa siswi SD Aeng Tabar II dalam pelaksanaan pembuatannya.

Gambar 2 : 


  Kegiatan saat tahap pengecatan daur ulang kardus bekas untuk dijadikan sebagai lampu hias dengan langkah-langkah yang pertama potong kardus menjadi segi panjang sekitar tiga puluh sentimeter kemudian bentuk menjadi kotak dengan cara di lem. Kemudian disusun satu persatu dengan menggunakan lidi. Ibu-ibu PKK sangat antusias dalam melaksanakan kegiatan ini karena dapat mengisi waktu luangnya.

Gambar 3 : 


Hasil dari daur ulang botol bekas yang dilaksanakan oleh siswa-siswi Kelas 5, SD Aeng Taber II, hasil tersebut dapat digunakan sebagai celengan, penutup lampu dan tempat bros agar dapat dimanfaatkan kembali oleh siswa siswi sebagai barang yang lebih bermanfaat. Proker ini dilaksanakan disebabkan karena mahasiswa menganggap bahwa barang bekas bukan hanya untuk dijadikan sampah atau menjadi barang yang tidak berguna melainkan dapat dimanfaatkan kembali menjadi barang yang memiliki nilai guna dan nilai jual yang lebih tinggi.

No comments