Breaking News

SOSIALISASI PENTINGNYA MEMPERTAHANKAN BUDAYA LOKAL


Mempertahankan budaya lokal. Itulah tema yang kami angkat dan kami sosialisasikan  kepada anak MTs Al-Hasani. Sosialisasi yang pertama pada tanggal 09 juli 2016 dan yang kedua pada tanggal 07 agustus 2016 yang semuanya kami lakukan pada jam 08.00 WIB dan bertempat diponpes Al-Hasani. Sosialiasi dengan tema mempertahankan budaya lokal ini bertujuan agar para anak muda sebagai penerus bangsa nantinya bisa mempertahankan kebudayaannya agar tidak tergerus oleh zaman yang semakin maju yang dikarenakan globalisasi. Kami ingin mengajak para generasi muda, terutama dalam melestarikan dan menjaga eksistensi nilai budaya itu agar nantinya tidak luntur khususnya budaya yang ada di Madura. Apa saja budaya yang ada di Madura? antara lain ada batik madura, sapi sonok, berbicara dengan bahasa yang halus kepada yang lebih tua, kerapan sapi dll.
Lantas bagaimana mempertahankan budaya lokal? yang pertama adalah dengan cara ikut berpartisipasi dalam melestarikan kebudayaan lokal, maksudnya adalah kita harus bisa ikut serta dalam melestarikan budaya itu sendiri, ikut serta dalam artian disini adalah kita tahu apa saja budaya kita dan bisa mempraktekkan budaya itu sendiri. Kedua dengan mengajarkan kebudayaan pada generasi penerus. Siapa generasi penerus? Generasi penerus disini adalah para anak muda, yang nantinya akan melestarikan kebudayaan tersebut. Dimana mereka harus diperkenalkan terlebih dahulu apa saja kebudayaan yang dimiliki Madura, sehingga dengan diperkenalkannya budaya tersebut para remaja bisa mengetahui dan bertindak bagaimana cara mempertahankan budaya yang dimiliki Madura. Ketiga dengan cara mencintai budaya sendiri tanpa merendahkan dan melecehkan budaya orang lain. Cara paling mudah dan efektif untuk mempertahankan budaya kita sendiri adalah dengan cara mencintai budaya itu sendiri karena dengan rasa cintalah dapat membuat seseorang bisa sangat menghargai budayanya sendiri. Keempat dengan cara mempraktikkan penggunaan budaya itu dalam kehidupan sehari-hari. Karena dari kebiasaanlah maka seseorang akan terus menggunakannya. Misalnya budaya berbahasa dan yang terakhir menghilangkan perasaan gensi atau malu terhadap kebudayaan yang kita miliki.

Oleh karena itu kami di sini mensosialisasikan pentingnya mempertahankan budaya lokal agar mereka bisa menjaga budaya yang ada di daerahnya khususnya di Madura supaya tidak hilang karena arus globalisasi yang semakin berkembang.














No comments