Breaking News

Desa Pintar : Mengajar SD


Desa Pintar : Mengajar SD



Pendidikan merupakan salah satu program yang dilaksanakan dalam penugasan KKN yang salah satuny adalah melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah dasar negeri yang berada di Desa Aeng Taber Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan. Kegaiatan belajar yang kami lakukan berupa pemberian materi kepemimpinan, kreatifitas, pelatihan teknologi, dan PBB. Untuk itu kami bekerja sama dengan kepala sekolah dan staff mengajar untuk melaksanakan kegiatan yang kami tuju.

Kegiatan dilakukan selama 6 hari dari hari Rabu tanggal 17 Juli 2019 sampai hari Selasa tanggal 23 Juli 2019. Lokasi kegiatan adalah di SDN Aeng Taber 1 dan SDN Aeng Taber 2. Tim KKN 91 dibagi menjadi 2 kelompok untuk melaksanakan kegiatan mengajar di 2 Sekolah sekaligus. Anggota KKN menyiapkan konsep penyampaian materi yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. SDN Aeng Taber 1 lebih banyak penyampaian di dalam ruangan karena materi difokuskan pada pelatihan kepemimpinan dan pelatihan teknologi. Sedangkan SDN Aeng Taber 2 lebih banyak penyampaian materi diluar ruangan karena materi yang diberikan lebih difokuskan pada Pelatihan Baris Berbaris (PBB) mengingat lomba gerak jalan tingkat SD sebentar lagi. Manfaat dari adanya kegiatan mengajar ini adalah memberikan wawasan kepada siswa-siswi diluar dari pengetahuan umum yang biasa guru ajarkan. Konsep belajar dan bermain yang kami terapkan dapat melatih mental dan kepercayaan diri siswa.
Pada SDN Aeng Taber 2 sedang melakukan renovasi pada beberapa ruang kelas sehingga sedikit mengganggu waktu pelajaran dan kurangnya ruang kelas untuk proses pelatihan. Namun hal tersebut dapat disiasati dengan membawa siswa-siswi beraktifitas diruang kelas namun tidak meninggalkan pelatihan yang seharusnya dilakukan.


No comments