Breaking News

Penyuluhan Produk Unggulan Desa Bersama Ibu-Ibu PKK


Penyuluhan Produk Unggulan Desa Bersama Ibu-Ibu PKK

Minggu (07/07/2019) pagi pukul 10.00 WIB, mahasiswa KKN kelompok 91 melakukan penyuluhan dan sosialisasi mengenai produk unggulan desa bersama ibu-ibu PKK Desa Aeng Tabar. Produk unggulan untuk Desa Aeng Tabar yaitu dodol jagung (Zea mays Dodol), bolu tape dan nugget ikan (Fish Nugget) serta pengembangan kemasan produk pempek yang telah ada di desa ini. Adanya penyuluhan ini diharapkan dapat meningkatkan kreativitas masyarakat terutama ibu-ibu sehingga dapat meningatkan perekonomian desa dan meningkatkan nilai jual hasil pertanian dengan memanfaatkan hasil panen tersebut.
            Mahasiswa KKN kelompok 91 selain melakukan penyuluhan juga melakukan praktik pembuatan produk secara langsung bersama ibu-ibu PKK. Ibu-ibu PKK sangat antusias untuk melakukan praktik agar dapat dengan mudah memahami proses pembuatan dodol jagung, bolu tape dan juga nugget ikan. Masyarakat menilai produk yang ditawarkan sangat bagus bahkan mereka ingin untuk memproduksi sendiri untuk usaha ruhaman mereka.
            Dodol jagung, bolu tape, dan nugget ikan dinilai merupakan produk yang inovatif dan memiliki rasa yang enak serta dengan kemasan yang menjual. Selain penyampaian inovasi produk KKN 91 UTM juga menawarkan desain kemasan untuk pempek ikan yang merupakan produk rumahan dari ibu-ibu Desa Aeng Taber. Semua peserta terkesan dan tertarik menggunakan desain produk yang kami tawarkan karena dinilai sangat menjual di pasaran.
            Pada saat sosialisasi berlangsung, pemateri menyampaikan secara detail disertai praktek langsung dengan peserta kegiatan bagaimana proses pembuatan dodol jagung dan nugget ikan. Namun untuk produk bolu tape kita menggunakan video cara pembuatan dalam penyampaian materi agar tidak memakan banyak waktu dan acara lebih efisien. Selain itu disampaikan pula bagaimana pengemasan produk, memberi label, dan strategi pemasaran yang tepat. Kami juga menyediakan produk jadi agar bisa dicicipi oleh semua peserta kegiatan penyuluhan produk ini.
            Kegiatan ini memberikan manfaat bagi peserta dalam hal bagaimana berinovasi produk, pengemasan agar produk lebih menjual, dan bagaimana teknik pemasaran yang tepat khususnya diera digital seperti sekarang.
            Dampak setelah diadakannya acara ini adalah masyarakat khususnya ibu-ibu PKK mendapat ide produk baru yang bernilai jual tinggi yaitu dodol jagung, nugget ikan, dan bolu tape. Selain itu mereka jugaa dapat meningkatkan daya jual pempek ikan produk olahan khas Aeng Taber yang selama ini masih dengan kemasan sederhana.

No comments